Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Untuk Siswa-Siswi SD, SMP, dan SMA/K (contoh lengkap) | Cara Zuhri

Berbagi Berbagai Hal

16 Maret 2023

Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Untuk Siswa-Siswi SD, SMP, dan SMA/K (contoh lengkap)


Foto oleh CDC


Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Surat izin tidak masuk sekolah merupakan surat yang diberikan oleh orang tua atau wali murid kepada sekolah sebagai permohonan untuk mengizinkan anaknya tidak hadir di sekolah pada hari tertentu. Surat ini biasanya digunakan dalam situasi-situasi seperti sakit, keluarga meninggal, atau acara keluarga yang penting. 

Daftar Isi


Bila surat dibuat oleh orang tua/wali murid (contoh)


Berikut adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah :


[Alamat Orang Tua/Wali Murid]

[Tanggal]


Kepada Yth.

Kepala Sekolah [Nama Sekolah]

Alamat Sekolah

Kota [Nama Kota]


Dengan hormat,


Saya, [Nama Orang Tua/Wali Murid], selaku orang tua/wali murid dari [Nama Anak] yang bersekolah di [Nama Sekolah], dengan ini memohon izin kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah untuk tidak hadir di sekolah pada hari [Tanggal], karena [sebutkan alasan seperti sakit, keluarga meninggal, atau acara keluarga penting]. Oleh karena itu, kami memohon maaf atas ketidakhadiran [Nama Anak] di sekolah pada hari tersebut.


Demikian surat izin tidak masuk sekolah ini kami sampaikan. Atas perhatian dan pengertiannya, kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami,


[Nama Orang Tua/Wali Murid]



Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Untuk Siswa-Siswi Sekolah Dasar (SD)


Bila surat dibuat oleh orang tua/wali murid SD (contoh)


Berikut adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah untuk sekolah dasar :


Kepada Yth. Kepala Sekolah SD [Nama Sekolah] [Alamat Sekolah]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua/wali murid dari:

Nama : [Nama Lengkap Anak] Kelas : [Kelas]

Dengan ini ingin memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat hadir ke sekolah pada tanggal [Tanggal] karena [Alasan]. Oleh karena itu, saya memohon izin kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah untuk tidak menghadiri kegiatan pembelajaran pada hari tersebut.

Adapun alasan ketidakhadiran anak saya adalah karena [sakit atau keperluan mendesak lainnya]. Oleh sebab itu, saya memohon izin untuk tidak menghadiri kegiatan pembelajaran pada hari tersebut.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sebenarnya dan saya berharap kehadiran anak saya dapat kembali normal pada hari berikutnya.

Atas perhatian dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Nama Orang Tua/Wali Murid]



Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Untuk Siswa-Siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP)


Sebagai seorang pelajar di sekolah menengah pertama, tentunya akan ada situasi di mana kita tidak dapat menghadiri kegiatan belajar mengajar. Salah satu hal yang harus kita lakukan dalam situasi tersebut adalah mengajukan surat izin tidak masuk sekolah kepada pihak sekolah. Surat izin ini bertujuan untuk memberitahu sekolah bahwa kita tidak dapat hadir ke sekolah dan memberikan alasan yang jelas serta meminta izin dari pihak sekolah.


Bila surat dibuat oleh siswa-siswi/murid SMP sendiri (contoh)


Berikut adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah untuk sekolah menengah pertama :


[Alamat Anda]

[Tempat, Tanggal]


Kepada Yth,

Kepala Sekolah

SMP [Nama Sekolah]

[Alamat Sekolah]


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: [Nama Lengkap Anda]

Kelas: [Kelas Anda]

Nomor Induk Siswa: [NIS Anda]


Dalam kesempatan ini, saya ingin mengajukan surat izin tidak masuk sekolah pada tanggal [Tanggal Anda tidak masuk sekolah]. Saya mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan saya berharap agar pihak sekolah dapat memberikan izin kepada saya untuk tidak hadir pada tanggal tersebut.


Alasan saya tidak dapat hadir ke sekolah pada tanggal tersebut adalah karena [alasan tidak masuk sekolah]. Saya merasa sangat menyesal tidak dapat menghadiri kegiatan belajar mengajar di sekolah dan akan berusaha untuk mengikuti pelajaran yang telah saya lewatkan.


Saya mengucapkan terima kasih atas perhatian pihak sekolah dan mohon izin untuk tidak hadir ke sekolah pada tanggal tersebut.


Hormat saya,


[ Nama Lengkap Anda ]

[ Tanda Tangan Anda ]



Demikianlah contoh surat izin tidak masuk sekolah untuk sekolah menengah pertama. Pastikan untuk memberikan alasan yang jelas dan memberikan permohonan izin yang sopan. Jangan lupa untuk menandatangani surat izin Anda sebagai bukti keseriusan Anda dalam mengajukan izin tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah yang tepat dan sopan.



Bila surat dibuat oleh orang tua/wali murid SMP (contoh)


[Nama dan alamat pengirim]

[Tanggal]


Kepada Yth,

Kepala Sekolah [Nama Sekolah]

Alamat [Alamat Sekolah]


Dengan hormat,


Saya, [Nama Orang Tua/Wali Murid], selaku orang tua dari [Nama Siswa] kelas [Kelas], hendak mengajukan surat izin tidak masuk sekolah untuk hari [Tanggal]. Saya memohon maaf atas ketidakhadiran [Nama Siswa] pada hari tersebut.


Alasan kami mengajukan izin tidak masuk sekolah adalah [Sebutkan alasan secara singkat, misalnya: [Nama Siswa] sakit demam dan memerlukan istirahat di rumah]. Saya bersama keluarga akan memberikan perawatan terbaik untuk memastikan kondisi kesehatan [Nama Siswa] pulih dengan cepat.


Saya menjamin bahwa [Nama Siswa] akan mengejar pelajaran yang terlewatkan dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan pada hari yang sama ketika ia kembali ke sekolah. Saya juga siap menghubungi guru atau pihak sekolah jika diperlukan.


Sekian surat izin tidak masuk sekolah ini, saya berharap kebijaksanaan pihak sekolah dalam memberikan persetujuan atas permohonan ini.


Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


[Nama Orang Tua/Wali Murid]



Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Untuk Siswa-Siswi Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/K)


Bila surat dibuat oleh siswa-siswi/murid SMA/K sendiri (contoh)


Surat izin tidak masuk sekolah merupakan salah satu surat yang dibutuhkan oleh siswa saat mereka tidak bisa hadir di sekolah karena alasan tertentu.

Berikut ini adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah untuk siswa SMA/SMK :


[Alamat Siswa]

[Tanggal]


Kepada Yth,

Kepala Sekolah [Nama Sekolah]

Alamat [Alamat Sekolah]


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan di bawah ini, [Nama Siswa] yang merupakan siswa/i kelas [Kelas] di [Nama Sekolah], dengan ini mengajukan permohonan izin tidak masuk sekolah pada hari ini, [Tanggal].


Alasan saya tidak bisa hadir di sekolah pada hari ini adalah [Alasan], sehingga saya memohon izin kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah untuk tidak hadir di sekolah pada hari ini.


Demikian permohonan surat izin tidak masuk sekolah ini saya buat. Saya berharap agar Bapak/Ibu Kepala Sekolah dapat mempertimbangkan permohonan saya dan memberikan izin tidak hadir di sekolah pada hari ini.


Atas perhatian dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


[Nama Siswa]



Bila surat dibuat oleh orang tua/wali murid SMA/K (contoh)


Surat izin tidak masuk sekolah adalah sebuah surat yang diberikan kepada pihak sekolah untuk memberitahu bahwa siswa tidak dapat hadir ke sekolah pada hari tertentu. Alasan yang tepat dan jelas harus dicantumkan dalam surat tersebut, seperti sakit atau ada keperluan mendadak yang tidak dapat dihindari.


Berikut adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah untuk siswa SMA/SMK :


[Nama dan Alamat Siswa]

[Tanggal]


Kepada Yth.

Kepala Sekolah [Nama Sekolah]

[Alamat Sekolah]


Dengan Hormat,


Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua/wali murid dari [Nama Siswa] kelas [Kelas], dengan ini memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat hadir ke sekolah pada hari [Hari, Tanggal, Bulan] karena [Alasan]. Oleh karena itu, saya mohon izin kepada pihak sekolah untuk tidak hadir ke sekolah pada hari tersebut.


Demikian surat ini saya buat dengan sebenarnya dan apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon dimaafkan.


Hormat saya,


[Tanda Tangan Orang Tua/Wali Murid]

[Nama Orang Tua/Wali Murid]



Contoh di atas dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Pastikan untuk mencantumkan informasi yang tepat dan jelas agar pihak sekolah dapat memproses permintaan izin dengan mudah. Selain itu, pastikan juga untuk memberitahu pihak sekolah jika siswa akan absen selama lebih dari satu hari atau jika ada keperluan khusus yang perlu dipenuhi selama absen.



Referensi / Sumber :

  • Berbagai sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak di kolom komentar. Jangan spam. Terimakasih.

Artikel Populer 30 Hari Terakhir

  • Share