Membuat Surat Lamaran Yang Baik dan Benar (tips dan contohnya lengkap) | Cara Zuhri

Berbagi Berbagai Hal

16 Maret 2023

Membuat Surat Lamaran Yang Baik dan Benar (tips dan contohnya lengkap)


Photo by fauxels


Membuat Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah salah satu dokumen penting yang harus disiapkan oleh setiap pencari kerja. Surat lamaran kerja yang baik dan benar dapat membantu meningkatkan kesempatan untuk diterima di perusahaan yang dituju. 

Daftar Isi


Tentunya, menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar adalah hal penting dalam mencari pekerjaan. Surat lamaran yang baik dapat membantu Anda menunjukkan kemampuan dan kualifikasi Anda kepada calon pemberi kerja dengan lebih jelas dan menarik. Selain itu, surat lamaran kerja yang baik dan benar akan meningkatkan kesempatan Anda untuk dipanggil dan diundang untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya.


Beberapa Tips Untuk Membuat Surat Lamaran Yang Baik dan Benar

Tulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar sangat penting untuk membuat kesan positif pada pihak perusahaan yang akan mempertimbangkan aplikasi Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam membuat surat lamaran yang baik dan benar :


  • Gunakan Format yang Benar

Pastikan untuk menggunakan format surat lamaran yang benar, seperti penggunaan font yang mudah dibaca dan ukuran font yang sesuai (12 point), spasi antara paragraf, serta judul dan subjudul yang sesuai. Hal ini akan membuat surat lamaran Anda mudah dibaca dan terlihat profesional.


  • Tuliskan Informasi yang Relevan

Pastikan untuk menuliskan informasi yang relevan dengan posisi yang Anda lamar, seperti pengalaman kerja, kualifikasi, dan keterampilan yang dimiliki. Pastikan juga untuk menuliskan tujuan dan motivasi Anda dalam melamar pekerjaan tersebut.


  • Jangan Gunakan Bahasa yang Berlebihan

Gunakan bahasa yang sederhana dan jelas dalam menulis surat lamaran Anda. Jangan gunakan bahasa yang terlalu formal atau berlebihan karena hal tersebut bisa membuat surat lamaran Anda terlihat tidak natural dan sulit dipahami.


  • Jelaskan Kelebihan Anda

Tuliskan kelebihan yang Anda miliki dan jelaskan bagaimana kelebihan tersebut dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Berikan contoh pengalaman atau keahlian yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.


  • Sertakan Kontak yang Mudah Dihubungi

Pastikan untuk menyertakan informasi kontak yang mudah dihubungi, seperti nomor telepon dan alamat email. Hal ini akan memudahkan pihak perusahaan dalam menghubungi Anda jika mereka tertarik dengan aplikasi Anda.


  • Periksa Kembali Surat Lamaran Anda

Pastikan untuk memeriksa kembali surat lamaran Anda sebelum mengirimkannya. Pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau penulisan yang terlewatkan. Anda juga bisa meminta teman atau kerabat untuk membaca surat lamaran Anda dan memberikan masukan.


Dalam membuat surat lamaran yang baik dan benar, pastikan Anda menunjukkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki serta menyesuaikan surat tersebut dengan posisi yang Anda lamar. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membuat surat lamaran yang profesional dan dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima di perusahaan yang Anda inginkan.


Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja (untuk pelamar yang sudah memiliki pengalaman kerja)


Berikut adalah contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar :


[Alamat Anda]

[Tanggal]


Kepada Yth.

[Nama Perusahaan]

[Alamat Perusahaan]


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan di bawah ini,


Nama: [Nama Lengkap Anda]

Tempat/Tanggal Lahir: [Tempat/Tanggal Lahir Anda]

Alamat: [Alamat Lengkap Anda]

Nomor Telepon: [Nomor Telepon Anda]

Email: [Alamat Email Anda]


Dengan ini mengajukan permohonan untuk bergabung dan berkontribusi dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya tertarik untuk bergabung di posisi [posisi yang anda lamar] karena saya percaya memiliki kecocokan dengan kemampuan, pengalaman dan minat yang saya miliki.


Saat ini saya [informasi pendidikan terakhir anda] dari [nama perguruan tinggi/lembaga pendidikan] dengan [nilai/IPK anda] dan sudah memiliki pengalaman bekerja di bidang [bidang kerja yang berkaitan dengan posisi yang dilamar] selama [lama pengalaman kerja anda] di perusahaan [nama perusahaan].


Dalam pekerjaan saya, saya memiliki kemampuan untuk [sebutkan kemampuan atau prestasi yang relevan dengan posisi yang anda lamar]. Selain itu, saya juga memiliki keinginan untuk terus belajar dan berkembang sesuai dengan tuntutan pekerjaan.


Saya menyadari bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin memiliki reputasi yang baik dan memiliki visi yang besar di bidang [sebutkan bidang industri perusahaan]. Oleh karena itu, saya sangat berminat untuk bergabung dengan perusahaan ini dan memberikan kontribusi terbaik saya.


Saya siap menghadapi tantangan dan bekerja dengan keras untuk mencapai tujuan perusahaan. Saya juga berkomitmen untuk selalu mematuhi aturan dan kebijakan perusahaan serta menjaga etika dan profesionalisme dalam bekerja.


Demikianlah surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Saya sangat berharap dapat diberikan kesempatan untuk bertemu dengan Bapak/Ibu dan menjelaskan lebih detail tentang pengalaman dan kemampuan yang saya miliki.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat saya,


[Tanda tangan Anda]

[Nama Lengkap Anda]



Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja (untuk pelamar yang belum memiliki pengalaman kerja)


Contoh Surat Lamaran Kerja Tanpa Pengalaman Kerja :


[Alamat Anda]

[Tanggal]


Kepada Yth.

[Alamat Perusahaan]


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama Lengkap: [Nama Anda]

Tempat dan Tanggal Lahir: [Tempat dan Tanggal Lahir Anda]

Alamat: [Alamat Anda]

Pendidikan Terakhir: [Pendidikan Terakhir Anda]


Dalam surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan permohonan untuk bergabung sebagai [posisi yang Anda lamar] di [nama perusahaan yang Anda lamar]. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan Anda yang terkenal dan berpengalaman di bidang [bidang perusahaan yang Anda lamar].


Meskipun saya belum memiliki pengalaman kerja formal di bidang [bidang pekerjaan yang Anda lamar], saya percaya bahwa saya memiliki kemampuan yang cukup untuk memenuhi tuntutan pekerjaan yang diinginkan. Saya memiliki latar belakang pendidikan [jurusan pendidikan Anda] dan telah mempelajari keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk posisi [posisi yang Anda lamar].


Saya juga telah mengikuti beberapa kursus dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan saya dalam [keterampilan yang relevan untuk pekerjaan yang Anda lamar]. Selain itu, saya memiliki kemampuan [keterampilan lain yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar] yang akan berguna dalam pekerjaan saya di perusahaan Anda.


Saya adalah orang yang memiliki motivasi tinggi, kerja keras, bersemangat, dan berdedikasi tinggi dalam bekerja. Saya juga memiliki kemampuan untuk bekerja dalam tim dan secara mandiri. Saya sangat tertarik untuk belajar dan berkembang di bawah bimbingan para profesional di perusahaan Anda.


Saya akan sangat senang jika diberi kesempatan untuk mengikuti proses seleksi dan wawancara untuk posisi [posisi yang Anda lamar]. Saya siap menghadapi tantangan baru dan berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan Anda.


Demikianlah surat lamaran ini saya buat. Terima kasih banyak atas perhatian dan kesempatan yang diberikan.


Hormat saya,


[Nama Lengkap Anda]



Demikianlah contoh surat lamaran yang baik dan benar yang dapat penulis sampaikan. Semoga surat lamaran ini dapat memberikan gambaran kepada Anda tentang bagaimana cara membuat surat lamaran yang tepat dan efektif untuk melamar pekerjaan yang diinginkan.

Ingatlah untuk selalu menyertakan informasi yang relevan dengan posisi yang dilamar, serta memperhatikan tata bahasa dan tata letak surat yang baik dan benar. Selain itu, jangan lupa untuk menunjukkan motivasi dan minat Anda dalam posisi yang dilamar serta menyertakan contoh pengalaman kerja atau prestasi yang relevan.

Semoga surat lamaran Anda diterima dengan baik oleh pihak perusahaan dan membawa kesuksesan dalam karir Anda.


Referensi / Sumber :

  • Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak di kolom komentar. Jangan spam. Terimakasih.

Artikel Populer 30 Hari Terakhir

  • Share