Makna Noken Papua Pada Google Doodle | Cara Zuhri

Berbagi Berbagai Hal

04 Desember 2020

Makna Noken Papua Pada Google Doodle



Makna Noken Papua Pada Google Doodle

Google Doodle


Google Doodle. Hari ini tanggal 4 Desember 2020, terlihat ada sesuatu yang berbeda dari biasanya. Pada Google Doodle yang dapat diakses melalui halaman awal pada mesin telusur Goggle hari ini menampilkan Google Doodle yang berbeda, dengan mempilkan beberapa orang yang sedang mengenakan tas tradisional masyarakat Papua. 

Setelah sebelumnya diberitakan diberbagai media informasi yang menerangkan Provinsi Papua Barat yang mendeklarasikan kemerdekaan yang juga menjadi trending diberbagai media sosial seperti twitter, facebook, maupun youtube. Entah, adakah kaitannya dengan hal tersebut atau tidak, saya sendiri kurang begitu mengetahuinya.

Ngomong-ngomong, pada hari ini Google Doodle tersebut menjadi tranding utama di pencarian Google di Indonesia dengan topik pembahasan "Noken Papua". 

Noken Papua ?. Mungkin terasa asing bagi yang pertama kali melihat atau membaca kata tersebut. Orang otomotif mungkin akan berfikiran berbeda pula hehe... Begitu pula saya, yang baru juga mengetahui apa itu Noken.

Setelah saya telusuri, mulai dari portal media informasi yang memberitakan hal tersebut seperti Trito.id, Tribun Jogja, Kompas.com, dan portal media informasi lainnya. Serta sebagai tambahan dari wikipedia.org.

Menurut wikipedia.org,

Noken merupakan sebutan dari tas tradisional masyarakat Papua yang digunakan menggunakan kepala dan terbuat dari serat kulit kayu. Masyarakat Papua menggunakannya untuk membawa hasil-hasil pertanian seperti sayuran, umbi-umbian dan juga untuk membawa berbagai barang-barang dagangan ke pasar.


Makna Noken Papua Pada Google Doodle


Dikarenakan keunikannya tas tradisional tersebut didaftarkan ke UNESCO sebagai salah satu hasil karya tradisional dan warisan kebudayaan dunia pada 4 Desember 2012.

Bertepatan pada hari ini yang merupakan hari dimana Noken Papua tersebut didaftarkan ke UNESCO sekitar 8 tahun yang lalu, bila menurut dari wikipedia.org yang menerangkan Noken Papua tersebut didaftarkan pada tanggal 4 Desember 2012.


Makna Noken Papua Pada Google Doodle


Nah, mungkin itu bisa menjawab bagaimana, dan kenapa Google Doodle hari ini menampilkan mengenai Noken Papua. Namun, hal tersebut hanya berdasarkan opini pribadi saya saja. Untuk lebih jelasnya, ya bisa ditanyain ke Gooogle ya hehe

Ya, mungkin cukup sekian artikel saya ini ya, berasa udah lama banget nggak bikin artikel soalnya hehe...

Sekian, terima kasih.


Referensi / Source :

Gambar Google Doodle Noken Papua : https://google.com

Noken : https://id.wikipedia.org/wiki/Noken

Portal Berita Noken Papua : https://tirto.id/cara-membuat-noken-papua-yang-tampil-di-google-doodle-hari-ini-f7Kihttps://www.kompas.com/tren/read/2020/12/04/111500965/noken-papua-jadi-google-doodle-hari-ini-berikut-filosofi-dan-cara?page=all

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak di kolom komentar. Jangan spam. Terimakasih.

Artikel Populer 30 Hari Terakhir

  • Share