Apa Itu Awan Cumulonimbus ? | Cara Zuhri

Berbagi Berbagai Hal

18 Oktober 2020

Apa Itu Awan Cumulonimbus ?

 

Apa Itu Awan Cumulonimbus ?

wikipedia.org


Mungkin ada yang belum tau atau belum mengerti serta mungkin merasa asing ya dengan istilah dari awan cumulonimbus.

Padahal kalo kita lihat-lihat nih ya, awan itu kan emang kayak gitu. Bentuknya emang kayak gitu aja.

Umumnya sih kalo kita lihat awan itu warnanya putih ya. Coba deh lihat keatas, eh bukan atas tapi kalo kamu yang ada didalam rumah ya pasti cuma ngelihat atap atau genting rumah ya hehe... Ya, keluar rumah dulu deh. Terus coba lihat ke atas. Awannya warnanya apa ?

Kalo warnanya agak gelap gitu, nah itu yang dinamakan awan cumulonimbus. Eh, bener enggak sih...

Oke, kita kutip dari informasi dari sumber berbagai sumbernya sumber hehe...


Menurut dari wikipedia.org, awan cumulonimbus atau awan kumulonimbus itu merupakan sebuah awan vertikal yang menjulang (merupakan keluarga D2) yang sangat tinggi, padat, dan terlibat dalam badai petir dan cuaca digin lainnya.

Kok agak rancu ya kata-katanya wkwk.

Mungkin yang dimaksud adalah awan yang disertai atau mengandung petir dan hawa atau cuaca dingin gitu apa ya.

Oke, lanjut...

Kata awan cumulonimbus ini awal merupakan kata yang berasal dari bahasa latin, yakni "cumulus" yaitu yang berarti terakumulasi dan "nimbus" yang artinya adalah hujan. Awan cumulonimbus tersebut terbentuk berasal dari akibat ketidakstabilan dari atmosfer bumi. Yang mana awan-awan tersebut dapat terbentuk secara sendiri-sendiri, maupun secara berkelompok, ataupun berada di sepanjang front dingin di garis squall. Awan cumulonimbus tersebut juga dapat menciptakan petir yaitu dengan menciptakan petir yang melalui jantung awan. Yang awalnya awan cumulonimbus ini terbentuk dari suatu awan yang disebut dengan awan cumulus, terutama awan ini terbentuk oleh awan cumulus kongestus. 

Mungkin ada yang bertanya-tanya. Awan cumulus itu awan yang gimana, kayak apa ? Dan kalo awan yang cumulus kongestus itu juga seperti apa ?.

Wah, bisa banyak banget ini ya kalo menjelaskan semuanya hehe. 


Apa Itu Awan Cumulonimbus ?


Oke, secara singkatnya aja ya. Awan kumulus itu merupakan awan yang bentuknya bergelombang mirip sama bunga kol gitu. Jadi laper ya malah mikirin sayuran hehe. Nah, awan cumulus itu awal mulanya terbentuk itu karena adanya suatu poses konveksi gitu. Nggak cuma itu sih, awan cumulus ini ternyata masih lagi dibagi menjadi 3 jenis. Yang pertama itu disebut dengan awan strato cumulus yang merupakan awan cumulus yang bru tumbuh gitu, jadi itu seperti bisa disebut dengan cikal bakalnya sih gitu ya. Untuk selanjutnya yang nanti akan disebut dengan awan cumulus, karena yang tadi awan yang baru tumbuh itu disebut dengan strato cumulus. Yang kemudian semakin berkembang lagi awan tersebut dengan terdiri dari beberapa gabungan dari awan-awan cumulus lainnya sehingga dengan ukurannya yang sangat besar nah itu yang dinamakan awan cumulonimbus. Mungkin seperti ini gambaran untuk awannya.


Apa Itu Awan Cumulonimbus ?


Sedangkan untuk awan yang dinamakan awan cumulus kongestus ini merupakan awan yang biasanya berada pada ketinggian yang rendah atau menengah. Yang seperti apa ya awannya hehe... yang berada di ketinggian rendah atau menengah. Begitulah pokoknya, saya kalo disuruh bedain juga nggak paham sih, soalnya kalo pas lihat awan ya. Ya, itu adalah awan. Bedanya apa kurang paham sih, coba deh bisa bertanya sama yang lebih ahlinya dibidang astronomi atau yang halnya berkaitan dengan perawanan. Lah kok jadi bahas perawanan ya, hehe... bukan keperawanan lho ya hihi... per-awan-an. Nah gitu aja, pake penggalan kata biar enak bisa bedain per-awan-an sama perawanan. Heheh, sama aja sih ya. Cuma beda arti aja sih. Ah terserah sih wkwk

Nambahin aja ya, kalo awan cumulus kongestus ini letaknya berada diantara atau pertengahan dari awan cumulus mediokris dan cumulonimbus. Gitu sih, untuk awan mediokris, saya coba cari referensinya kayaknya belum terlalu banyak yang ngebahas tentang awan ini. Namun, saya nemuin arti kata dari mediokris itu sendiri yaitu merupakan suatu awan cumulus yang menonjol tegak agak tinggi dan pada puncaknya tampak agak berserabut gitu. Ini saya kutip dari websitenya kbbi.web.id. Buat mau lebih lanjut dan lebih jelasnya, linknya ada dibawah diakhir artikel ini ya.

Mungkin begitu ya mengenai apa sih awan cumulonimbus itu ?. Semoga bisa menjawab ya, dan udah ada bonusnya juga, sekarang jadi udah tau kalo awan itu nggak cuma satu aja ya. Sebenernya masih banyak sih nama-nama atau jenis-jenis dari awan tersebut. Mungkin bisa deh dikepoin langsung ke sumbernya, linknya ada diakhir artikel.

Yah, cukup sekian artikel dari saya ini. Semoga bermanfaat ya.

Terima kasih.


Referensi / Source :

Awan Kumulonimbus : https://id.wikipedia.org/wiki/Awan_kumulonimbus

Awan Kumulus : https://id.wikipedia.org/wiki/Awan_kumulus

Awan Kumulus Kongestus : https://id.wikipedia.org/wiki/Awan_kumulus_kongestus

Mediokris : https://kbbi.web.id/mediokris



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak di kolom komentar. Jangan spam. Terimakasih.

Artikel Populer 30 Hari Terakhir

  • Share