Apa Yang Dimaksud Dengan Puting Beliung | Cara Zuhri

Berbagi Berbagai Hal

24 Oktober 2020

Apa Yang Dimaksud Dengan Puting Beliung

 

Apa Yang Dimaksud Dengan Puting Beliung

Puting Beliung


Mungkin barangkali ada dari kamu yang belum mengetahui Puting Beliung. Eits, nggak boleh berpikiran negatif ya hehe... iya, kata puting emang kadang merujuk dengan hal-hal yang begituan hehe... tapi bukan yang itu yang dimaksudkan. 

Jadi begini, Puting Beliung itu merupakan sebutan dari angin.

Bila menurut laman wikipedia.org dari artikel yang saya baca, Puting Beliung itu merupakan angin, angin yang apa ? angin yang gimana ?

Nah, anginnya itu hembusannya nggak seperti angin yang biasa kita ketahui, umumnya kan bertiup searah aja kan ya. Kalo angin Puting Beliung ini tiupannya itu membentuk putaran atau seperti pusaran gitu. Angin Puting Beliung tersebut memiliki kecepatan dengan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian umumnya maksimum selama 5 menit.

Wah, kalo kecepatan tiupannya 63 km/jam kira-kira sama dengan kecepatan normal untuk kendaraan bermotor roda dua ya. Tapi kecepatan normal saya kalo naik motor bisa lebih sih hehe... kalo kamu bisa sampe berapa ya ? hehe

Kalo orang awam pada umumnya menyebut angin Puting Beliung ini dengan angin Leysus, sama sih di daerah tempat tinggal saya juga kebanyakan menyebutnya angin Leysus atau Lesus gitu. Biasanya terjadi karena angin yang berbenturan entah sama bangunan atau benda lainnya. Sehingga angin yang terbentur dengan bangunan atau benda tersebut akan tertiup kembali atau berbalik arah tiupannya, sehingga bertabrakanlah dengan angin yang dari arah berlawanan. Gitu sih kalo menurut saya pribadi hehe...

Oiya lanjut ya, untuk daerah Sumatera angin ini disebut dengan angin Bohorok dan masih ada sebutan yang lainnya. 


Ada yang pernah tau mengenai angin Tornado ?, nah anginnya itu mirip kayak gitu tapi skala pusarannya itu masih kecil bila dibanding dengan anginTornado yang biasanya terjadi di wilayah Negara Amerika. Untuk kecepatan angin Tornado sendiri bisa mencapai hingga 320 km/jam dan diameternya samoai 500 meter. Wuih, ngeri juga ya kalo sampe setengah kilometer gitu ya.

Kembali lagi ya bahas angin Puting Beliungnya, angin Puting Beliung tersebut seringnya terjadi pada siang hari atau sore hari terutama pada saat musim pancaroba. Angin Puting Beliung sering terjadi di Indonesia kalo pas lagi mau datang musim hujan.

Mungkn akhir-akhir ini sedang musim pancaroba ya, beralih dari musim kemarau atau musim panas ke musim penghujan atau musim hujan. Jadi, ya cukup berhati-hati saja sih. Karena kita nggak tau kapan itu bakalan terjadi kan, yang tau hanya sang pencipta kan.

Sedikit berbagi pengetahuan ya, mungkin cukup sekian dari artikel saya ini. Semoga bisa bermanfaat, membuka wawasan juga.

Untuk yang mau lihat atau mengunjungi artikel di wikipedia.org linknya sudah saya sertakan di akhir artikel ini ya, linknya ada dibawah.

Baik, cukup sekian.

Terima kasih.


Referensi / Source :

Gambar Puting Beliung : https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/43/Dust_devil.jpg/200px-Dust_devil.jpg

Puting Beliung : https://id.wikipedPuting_beliungia.org/wiki/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak di kolom komentar. Jangan spam. Terimakasih.

Artikel Populer 30 Hari Terakhir

  • Share