Mengenal Apa Itu UNESCO | Cara Zuhri

Berbagi Berbagai Hal

19 November 2020

Mengenal Apa Itu UNESCO

 

Mengenal Apa Itu UNESCO

wikipedia.org


UNESCO, mungkin banyak dari kamu yang sering kali mendengar, membaca atau mendapat kabar maupun informasi dari berbagai sumber dan media, yang tidak asing lagi dengan kata UNESCO. Buat kamu yang bergelut di dunia pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan pastinya sudah tidak asing lagi dengan UNESCO.

UNESCO ini merupakan singkatan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Bila dalam bahasa Indonesia yang artinya Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa.


Apa kaitannya dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ?

UNESCO tersebut merupakan suatu badan atau lembaga khusus yang berada dalam lingkup Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang di dirikan pada tahun 1945. 

Menurut dari portal website resminya unesco.org, UNESCO adalah Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa. UNESCO ini berusaha untuk membangun perdamaian melalui kerjasama internasional di bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan. Program UNESCO berkontribusi pada pencapaian Sistainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) yang ditentukan dalam agenda 2030, yang diadopsi oleh UN General Assembly pada tahun 2015.


Mengenal Apa Itu UNESCO


Lalu visinya apa sih UNESCO itu ?

Pengaturan politik dan ekonomi pemerintah tidak cukup untuk menjamin dukungan yang langgeng dan tulus dari rakyat. Perdamaian harus didasarkan pada dialog dan daling pengertian. Perdamaian harus dibangun di atas solidaritas intelektual dan moral umat manusia.

Dalam semangat ini, UNESCO mengembangkan perangkat pendidikan untuk membantu orang hidup sebagai warga dunia yang bebas dari kebencian dan intoleransi. UNESCO bekerja agar setiap anak dan warga negara memiliki akses ke pendidikan yang berkualitas. Dengan mempromosikan warisan budaya dan martabat semua budaya, UNESCO memperkuat ikatan antar bangsa. UNESCO mengembangkan program dan kebijakan ilmiah sebagai platform untuk pengembangan dan bekerja sama. UNESCO membela kebebasan berekspresi, sebagai hak fundamental dan syarat utama bagi negara-negara yang mengadopsi standar internasional dan mengelola program yang mendorong aliran bebas gagasan dan berbagai pengetahuan.

Visi berdirinya UNESCO adalah lahir sebagai respon terhadap perang dunia yang diwarnai dengan kekerasan rasis dan anti-Semit. Tujuh puluh tahun kemudian dan kemdudian banyak perjuangan pembebasan, mandat UNESCO masih tetap relevan seperti sebelumnya. Keragaman budaya sedang diserang dan bentuk-bentuk baru intoleransi, penolakan fakta ilmiah dan ancaman terhadap kebebasan berekspresi menantang perdamaian dan hak asasi manusia. Sebagai tanggapan, tugas UNESCO tetap menegaskan kembali misi humanis di bidang pendidikan, sains (ilmu pengetahuan), dan budaya.


Menurut wikipedia.org, UNESCO memiliki anggota berjumlah sebanyak 191 negara. Oraganisasi UNESCO ini bermarkas di negara Paris, Perancis, dengan memiliki 50 kantor wilayah serta lembaga, dan institut di seluruh dunia.Pada institut ini UNESCO memiliki lima progrma utama yang diantaranya yaitu yang disebarkan melalui pndidiakn, ilmu alam atau ilmu pengetahuan alam, ilmu sosial dan manusia, budaya, serta komunikasi dan informasi. 

Tidak hanya itu, UNESCO juga mensponsori berbagai proyek yang diantaranya termasuk program baca-tulis, teknis, dan pelatihan guru, program ilmu internasional, proyek sejarah regional dan budaya, promosi berbagai keragaman budaya, program kerja sama persetujuan internasional untuk mengamankan warisan budaya dan alam, serta program untuk memelihara Hak Asasi Manusia (HAM) dan mencoba untuk memperbaiki perbedaan digital dunia.


Nah, begitulah secara singkat mengenai apa itu UNESCO. Baca juga pada artikel sebelumnya yang membahas mengenai Hari Toleransi Internasional yang dideklarasikan oleh UNESCO.

Baik, sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.


Referensi / Source :

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa : https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_Pendidikan,_Keilmuan,_dan_Kebudayaan_Perserikatan_Bangsa-Bangsa

UNESCO : https://en.unesco.org/about-us/introducing-unesco

Logo UNESCO : https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/25/UNESCO.svg/250px-UNESCO.svg.png

Logo Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) : https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/52/Emblem_of_the_United_Nations.svg/120px-Emblem_of_the_United_Nations.svg.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak di kolom komentar. Jangan spam. Terimakasih.

Artikel Populer 30 Hari Terakhir

  • Share