Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui / Busui | Cara Zuhri

Berbagi Berbagai Hal

24 Maret 2023

Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui / Busui


Foto oleh MART  PRODUCTION dari Pexels


Puasa merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Namun, bagi ibu menyusui, puasa bisa menjadi tantangan tersendiri karena mereka harus memperhatikan asupan nutrisi yang cukup untuk kesehatan ibu dan bayi yang sedang disusui.


Ibu Menyusui Sebaiknya Puasa atau Tidak ?

Keputusan apakah seorang ibu menyusui berpuasa atau tidak selama bulan Ramadan adalah keputusan pribadi yang harus dipertimbangkan dengan baik. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk berpuasa, seperti kondisi kesehatan ibu dan bayi, frekuensi dan jumlah pemberian ASI, serta dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), seorang ibu menyusui dapat berpuasa selama bulan Ramadan jika kesehatannya cukup baik dan mampu menahan lapar dan haus selama jangka waktu yang ditentukan. Namun, jika ibu menyusui memiliki kondisi kesehatan yang memerlukan perawatan khusus, seperti diabetes, hipertensi, atau gangguan makan, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum berpuasa.

Selain itu, jika bayi masih dalam fase awal pemberian ASI eksklusif, yaitu 0-6 bulan, maka sebaiknya ibu menyusui tidak berpuasa atau memilih untuk berpuasa setengah hari. Karena pada fase ini, bayi memerlukan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Jika ibu menyusui memutuskan untuk berpuasa, maka harus memperhatikan asupan nutrisi yang cukup dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Konsumsilah makanan bergizi dan seimbang pada saat sahur dan berbuka puasa. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup sepanjang hari.

Namun, jika ibu menyusui merasa tidak nyaman atau merasa khawatir tentang kesehatan bayi, maka sebaiknya memilih untuk tidak berpuasa. Ibu menyusui dapat melakukan penebusan dengan membayar fidyah atau mengganti puasa di kemudian hari jika kondisi memungkinkan.

Sebelum memutuskan untuk berpuasa atau tidak, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan ibu dan bayi.


Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui / Busui

Namun, bila sudah dipertimbangkan dengan matang/sudah berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi dan memutuskan untuk berpuasa pada bulan Ramadhan. Berikut adalah beberapa tips puasa bagi ibu menyusui:

  • Konsultasi dengan dokter atau ahli gizi

Sebelum memutuskan untuk berpuasa, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui apakah ibu menyusui sudah siap untuk berpuasa. Jika kondisi kesehatan ibu dan bayi sedang kurang baik, maka sebaiknya jangan berpuasa terlebih dahulu.

  • Konsumsi makanan bergizi sebelum dan sesudah puasa

Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang sebelum dan sesudah berpuasa. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, dan serat seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Konsumsi juga air putih yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

  • Jangan skip sahur

Sahur adalah waktu makan sebelum puasa dimulai. Jangan skip sahur karena hal ini dapat mengganggu kesehatan ibu dan bayi yang sedang disusui. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan serat agar energi dapat bertahan lebih lama.

  • Kurangi asupan kafein dan gula

Kurangi asupan kafein dan gula karena keduanya dapat membuat tubuh dehidrasi dan lelah. Pilihlah minuman yang sehat seperti air putih, susu, atau jus buah.

  • Istirahat yang cukup

Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup selama puasa. Kurangnya istirahat dapat mempengaruhi produksi ASI sehingga bayi tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.

  • Monitor kesehatan ibu dan bayi

Monitor kesehatan ibu dan bayi selama berpuasa. Jika merasa lelah atau pusing, segera istirahat dan minum air putih yang cukup. Jika bayi terlihat lemas atau rewel, segera berhenti berpuasa dan beri ASI yang cukup untuk bayi.

  • Pertimbangkan untuk tidak berpuasa

Jika kondisi kesehatan ibu dan bayi tidak memungkinkan untuk berpuasa, maka pertimbangkan untuk tidak berpuasa. Ini adalah hal yang wajar dan tidak mengurangi keimanan seseorang.


Demikian beberapa tips puasa bagi ibu menyusui. Ingatlah untuk selalu memperhatikan kesehatan ibu dan bayi yang sedang disusui, dan jangan ragu untuk mengonsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika ada hal yang kurang jelas. Semoga ibu-ibu yang sedang menyusui dapat berpuasa dengan lancar dan sehat selama bulan Ramadan.


Referensi / Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak di kolom komentar. Jangan spam. Terimakasih.

Artikel Populer 30 Hari Terakhir

  • Share