Apa Itu Virus Corona (COVID-19) ? | Cara Zuhri

Berbagi Berbagai Hal

17 Desember 2020

Apa Itu Virus Corona (COVID-19) ?


Apa Itu Virus Corona (COVID-19) ?

freepik.com

Background vector created by YusufSangdes - www.freepik.com


Virus Corona atau COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) yang merupakan virus yang pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir bulan Desember 2019. Yang bisa dibilang sudah hampir satu tahun, tahun 2020 yang kita lewati dengan adanya virus corona ini. Yang membuat semua orang, masyarakat tidak dapat berinteraksi seperti pada umumnya, seperti sedia kala sebelum adanya virus corona atau COVID-19. Virus tersebut bedampak besar bagi seluruh dunia, bagi negara-negara di seluruh dunia, bukan hanya pada negara asal virus tersebut yakni kota Wuhan, China.

Mungkin sudah mau satu tahun ini dengan adanya virus corona atau COVID-19, ada yang belum tau bahkan belum mengerti atau paham apa itu virus corona. Atau mungkin karena sudah terlalu lama hampir satu tahun, barangkali lupa apa itu virus corona. 

Baik, disini pada artikel ini saya hanya akan menerangkan secara singkat saja dari berdasarkan sumber informasi yang saya jadikan acuan dalam penyusunan artikel ini.

Apa itu Virus Corona (COVID-19) ?

Berdasarkan informasi yang saya dapat, Virus Corona atau COVID-19 adalah merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona.

Bentuk dari virus corona di ilustrasikan seperti mirip mahkota yang dikelilingi seperti tentakel atau disebut apa ya namanya. Seperti pada ilustrasi gambar yang bersumber dari dinkes.padang.co.id


Apa Itu Virus Corona (COVID-19) ?

dinkes.padang.co.id


Virus yang telah merenggut banyak nyawa ini penyebarannya sangat cepat dan sulit untuk mendeteksinya. 

Penyebaran dari virus corona atau COVID-19 ditransmisikan melalui droplet (percikan air liur) yang dihasilkan saat orang yang terinfeksi sedang batuk, bersin, atau menghembuska nafas. Droplet tersebut terlalu berat dan tidak bisa bertahan diudara, sehingga dengan cepat jatuh dan menempel pada lantai atau pada permukaan lainnya.

Penularan virus corona ini dapat menular dari si penderita atau pasien yang sudah terinfeksi oleh virus corona melalui air liur tersebut yang mengandung virus corona. Selain itu, bisa juga menularkan melalui suatu media atau permukaan lainnya yang terkontaminasi virus corona karena disentuh oleh pasien yang terinfeksi virus corona, yang kemudian seseorang yang belum terinfeksi sengaja atau tidak menyentuh benda, media atau permukaan tersebut yang kemudian ia menyentuh mata, hidung atau mulut.

Dikarena dari berbagai kabar informasi, virus corona tersebut menyerang pada area pernafasan.

Berdasarkan who.int, hasil dari responden memiliki beberapa renspon atau gejala berbeda terhadap COVID-19. Sebagian besar orang yang terpapar oleh virus corona ini akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih dengan sendirinya tanpa perlu dirawat di rumah sakit.

Gejala yang paling umum diantaranya : demam, batuk kering, kelelahan

Untuk gejala yang sedikit tidak umum : akan merasakan tidak nyaman dan nyeri, nyeri tenggorokan, diare, konjungtivitas (mata merah), sakit kepala, hilangnya indera perasa atau penciuman, ruam pada kulit, atau perubahan warna pada jari tangan atau jari kaki

Masih bersumber dari WHO, untuk pencegahannya yaitu diantaranya

Melindungi diri dari ornag lain disekitar dengan mengetahui fakta-fakta terkait virus corona (stop jangan sampai termakan HOAX yang hanya malah memperkeruh) serta mengambil langkah pencegahan yang sesuai. Ikuti saran yang diberikan oleh otoritas kesehatan setempat.

Untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 diantaranya :

- Mencuci tangan secara rutin dengan menggunakan sabun dan air, ataupun dengan cairan pembersih lainnya seperti cairan dengan bahan alkohol.

-Selalu menjaga jarak aman dengan orang yang sedang batuk atau bersin.

- Menggunakan masker jika pembatasan fisik atau phisical distancing tidak memungkinkan.

- Jangan menyentuh mata, hidung, atau mulut.

- Saat batuk atau bersih usahakan menutup mulut dan hidung dengan lengan, tisue atau penutup lainnya.

- Jangan keluar dari rumah jika merasa sedang tidak enak badan.

- Jika mengalami demam, batuk, atau kesulitan bernafas segera mencari bantuan dari tenaga medis.

Disarankan untuk menelepon dahulu agar penyedia layanan kesehatan dapat segera mengarahkan ke fasilitas kesehatan yang tepat. Tidakan tersebut akan melindungi serta mencegah dari penyebaran virus dan infeksi lainnya.

Dengan menggunakan masker dapat membantu mencegah penyebaran virus dari orang lain atau pasien yang terinfeksi oleh virus. Namun, memakai masker saja tidak lah cukup, sehingga di haruskna untuk dikombinasikan dengan pembatasan fisik phisical distancing dan kebersihan tangan, serta juga mengikuti saran yang diberikan oleh otoritas kesehatan setempat.

Untuk hal yang terakhir, jika sekiranya telah terinfeksi oleh virus. Hal yang perlu dilakukan dengan perawatan.

Untuk perawatan diri

Jika merasa sakit atau tidak enak badan, harus beristirahat dahulu, serta minum banyak air putih, dan makan makanan yang bergizi. Gunakan ruangan yang terpisah dengan anggota keluarga atau terpisah dengan orang disekitar. Jika memungkinkan gunakan juga kamar mandi khusus, bersihkan serta lakuka penyemprotan disinfektan pada permukaan benda yang sering disentuh.

Bila merasa sedih, stres, bingung selama masa krisis merupakan hal yang normal. Berbicara dengan orang yang dipercaya, seperti teman dan keluarga yang dapat membantu. Namun, jika merasa kewalahan, hubungi tenaga kesehatan atau konselor.


Nah, begitulah penjelasan mengenai apa itu virus corona. serta apa yang perlu dan harus dilakukan, serta gejala dan penanganannya. 

Meskipun, virus corona yang sudah hampir satu tahun ini, namun belum juga mereda sebenarnya. Hanya saja media informasi tidaklah seheboh disaat awal virus corona sampai ke negara Indonesia. Namun, tetap waspada ya. Sampai saat ini masih ada juga yang terinfeksi dan belum sembuh, bila menilik dari berbagai media informasi yang bersumber dari portal atau media informasi dari tenaga kesehatan atau medis.

Pada akhir bulan Desember 2020 ini dikabarkan di Indonesia sudah akan ada vaksin yang akan diedarkan. Bahkan presiden kita Joko Widodo sempat mecuitkan pada akun Twitternya bahwa beliau akan menjadi orang pertama yang akan menjalani suntik vaksin virus corona atau COVID-19.

Semoga saja, vaksin tersebut bisa mengakhiri penyebaran virus corona yang membuat gempar serta kalang kabut seluruh masyarakat Indonesia, hingga seluruh dunia.

Pada artikel selanjutnya saya berencana akan membahas tentang vaksin tersebut, tapi sebelumnya saya perlu memastikan informasinya dulu.

Yah, mungkin cukup sekian artikel dari saya ini. Semoga bermanfaat. Sekian, terima kasih.


Referensi / Source :

Corona Virus (COVID-19) : https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019

Sumber gambar COVID-19 : https://www.freepik.com/free-vector/covid-coronavirus-real-3d-illustration-concept-describe-about-corona-virus-anatomy-type_7344730.htm

WHO : https://www.who.int/news-room/q-a-detail/q-a-coronaviruses#:~:text=protect , 

https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019

Dinkes Padang : https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fdinkes.padang.go.id%2Fsituasi-terkini-perkembangan-pemantauan-coronavirus-disease-covid-19-di-kota-padang_18-maret-2020&psig=AOvVaw3m4PTHVUvp1DchEH8Ps4Us&ust=1608221942154000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCICK2-Tz0u0CFQAAAAAdAAAAABAD , 

https://dinkes.padang.go.id/situasi-terkini-perkembangan-pemantauan-coronavirus-disease-covid-19-di-kota-padang_18-maret-2020

Corona Virus Disease : https://www.google.com/search?q=corona+virus+disease&oq=corona+viru&aqs=chrome.3.0i433j0j69i57j0i433l2j69i60j69i61l2.16896j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8&stick=H4sIAAAAAAAAAONgVuLVT9c3NMwySk6OL8zJecTozS3w8sc9YSmnSWtOXmO04eIKzsgvd80rySypFNLjYoOyVLgEpVB1ajBI8XOhCvHsYuLIL0stKstMLV_EKpKcX5Sfl6hQlllUWqyQklmcmlicCgB1aQCGgQAAAA&ictx=1&ved=2ahUKEwiljM6469LtAhUU6nMBHfBdAvsQyNoBKAB6BAgGEAY


2 komentar:

  1. Wah, mantap infonnya gan :)
    Berkunjung juga ke blog gua www.rialdisibuea.my.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sob, kalo bermanfaat bisa dishare juga biar yang lain bisa dapet manfaatnya juga ya :)
      Wah, oke siap, diagendakan untuk berkunjung

      Hapus

Tinggalkan jejak di kolom komentar. Jangan spam. Terimakasih.

Artikel Populer 30 Hari Terakhir

  • Share