Mengenal Hari Toleransi Nasional | Cara Zuhri

Berbagi Berbagai Hal

16 November 2020

Mengenal Hari Toleransi Nasional


Mengenal Hari Toleransi Nasional

freepik.com


Tanggal 16 November 2020, ada yang tau hari apakah itu ?

Hari Senin, iya :"

Tapi, tanggal 16 November itu ternyata bukan hanya hari yang biasa seperti hari-hari yang lainnya lho. Kok gitu kenapa ?

Belum tau ya ?

Nih, saya kasih tau.

Tanggal 16 November itu merupakan hari yang dijadikan sebagai hari peringatan tentang suatu toleransi oleh UNESCO, yang kemudian dinamakan atau disebut sebagai Hari Toleransi Internasional.

Bila dirunut dari sejarahnya menurut wikipedia.org pada tanggal 16 November 1995 tepat pada hari jadi atau HUT Ke-50 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Yang mana negara-negara yang juga merupakan anggota dari UNESCO yang mengadopsi tentang deklarasi prinsip-prinsip Toleransi berpendapat bahwa toleransi merupakan cara untuk menghindari ketidakpedulian dalam kehidupan bermasyarakat. Kemudian dari hasil deklarasi pada tanggal 16 November 1995 tersebut, ditetapkanlah pada tanggal 16 November 1996 sebagai Hari Toleransi Internasional dengan mengundang anggota-anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dari penetapan tersebut bahwa tanggal 16 November ditetapkan sebagai Hari Toleransi Internasional, maka untuk setiap tahunnya setiap pada tanggal 16 November selalu diperingati sebagai Hari Toleransi Internasional. 

Mungkin yang bertanya apa itu UNESCO apa itu Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bisa dicari di Google deh lebih jelasnya hehe... atau mungkin nanti kalo saya akan bahas juga pada artikel selanjutnya. Ya, semoga aja. Kalo nggak di artikel selanjutnya mungkin ya artikel selanjutnya lagi. Kalo nggak di artikel selanjutnya lagi ya klik aja langganan aja biar dapet notifikasi kalo ada artikel baru gitu ya sipp.

Oiya, tambahan lagi nih. Masih juga sama sumbernya dari wikipedia.org 

Mungkin ada yang bertanya-tanya, mengenai Toleransi. Seberapa penting kah toleransi itu. Terus gimana caranya menumbuhkan atau membangun toleransi itu. Apa dengan menghargai sesama warga, masyarakat itu merupakan suatu toleransi ?. Ya, bisa juga gitu.

Bila merujuk dari situs United Nations Association-UK, untuk menumbuhkan toleransi atau rasa toleransi itu ada tiga caranya, yang diantaranya :

  • Pendidikan Ketidaktahuan, tentang perbedaan budaya, agama, etnis yang ada disekitar dapat menyebabkan ketidak amanan. Dengan pendidikan, diharapkan adanya pemahaman yang lebih baik tentang tradisi dan keyakinan yang berbeda dan penerimaan yang lebih besar dari mereka.
  • Regulasi dan Penegakkan Hukum, perlu adanya UU yang menindak tegas tindakan-tindakan intoleransi seperti ujararan kebencian, diskriminasi, SARA. Serta adanya penegakkan hukum dan peradilan yang menjamin hak-hak para korban intoleransi.
  • Hentikan Stereotip Negatif Orang, yang memiliki stereotip negatif biasanya memiliki prasangka buruk terhadap seseorang atau kelompok yang mendapat "label" negatif tersebut. Jadi, orang ataupun kelompok yang memiliki stereotip negatif didorong tidak menghakimi orang lain dengan cara generalisasi.


Yah, mungkin cukup sekian itu saja ya artikel dari saya ini yang membahas mengenai Hari Toleransi Internasional. Ya, mungkin telat buat upload postingannya, nggak papa lah hehe...

Yang penting sekarang kita udah tau nih, kalo setiap tanggal 16 November itu merupakan peringatan Hari Toleransi Internasional. Nanti kalo lupa balik ke artike ini lagi ya hehe.

Waduh, jadi panjang lebar gini ya haha. 

Oke saya akhiri artikel ini. Sekian, Terima kasih.


UPDATE : Mengenal Apa Itu UNESCO


Referensi / Source :

Hari Toleransi Internasional : https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_toleransi_internasional

Gambar (Pencarian : Together) : https://image.freepik.com/free-photo/business-teamwork-join-hands-together-business-teamwork-concept_1150-1804.jpg

2 komentar:

Tinggalkan jejak di kolom komentar. Jangan spam. Terimakasih.

Artikel Populer 30 Hari Terakhir

  • Share